Sabtu, 28 Juli 2012

penemuan generator tanpa bahan bakar

 Pembangkit Listrik Tenaga Hampa atau PLTH tak akan lepas dari nama Slamet Haryanto. Dialah penemu generator tanpa bahan bakar yang dinamai PLTH tersebut. )(kok bisa ya?)

Atas usahanya tersebut, warga Desa Ngroto Kecamatan Pujon Kabupaten Malang ini mendapat pujian dari Pemerintah Kabupaten Malang. Bahkan, Pemkab Malang akan segera memfasilitasi Slamet untuk mendapatkan hak paten atas temuannya.

Secara khusus Bupati Malang H. Rendra Kresna, telah mengunjungi rumah Slamet Haryanto sekaligus melihat dari dekat generator tanpa bahan bakar tersebut. Selain mengaku bangga atas temuan tersebut, Rendra pun mengapresiasi usaha Slamet dalam menciptakan energi baru terbarukan tersebut.

“Penemuan ini ke depan akan sangat berguna dan menjadi harapan bagi bangsa. Karena itu pemkab akan membantu mematenkan PLTH tersebut,” kata Rendra Kresna, Rabu (25/7).

Ia berharap, kalau nanti bisa diproduksi secara massal dengan harga murah, Kabupaten Malang bisa memanfaatkan PLTH Slamet untuk menerangi sejumlah dusun yang belum diterangi listrik.

Menurut Slamet Haryanto, PLTH tersebut sangat berguna untuk pulau-pulau atau daerah-daerah terpencil yang belum teraliri listrik. Bahkan, Menteri BUMN Dahlan Iskan, beberapa hari lalu, juga telah memesan generator buatannya.

“Saya juga diminta segera mematenkan PLTH agar tidak ditiru atau dibajak orang lain,” jelas Slamet.

Menteri BUMN, lanjut dia, juga siap berkunjung ke Pujon bersama pimpinan PLN lainnya.

Dijelaskan Slamet, dirinya telah melakukan riset pembuatan PLTH tersebut sejak 1997. Dan pada 2008 berhasil dibuat prototipe pertama bertegangan 380 volt dan berdaya 13 kilowatt (JIBI/k25/arh/sae

0 komentar:

Posting Komentar